Jumat, 18 November 2011

cara membuat periskop sederhana

Cara Membuat Periskop Sederhana
Alat Peraga Murah: Cara Membuat Periskop Sederhana
Disaat kebanyakan masyarakat Indonesia kesehariannya disuguhkan berita kekerasan, demonstrasi dimana-mana,keributan massa dan peristiwa anarkis lainnya yang terjadi di Tanah Air kita, waktu terbuang percuma hanya karena kalah atau tidak mau kalah dalam sengketa tanah,pilkada, dan sebagainya. Bukankah lebih baik melakukan hal positif untuk anak bangsa dengan berkarya?. Tanggal 10 sampai 12 Juni 2008, PSBG Karya Mandiri Guru melaksanakan roll-out IW secara mandiri,menghasilkan karya mandiri guru berupa Alat Peraga Murah (APM) “Periskop” yang dapat dipergunakan dalam teaching and learning untuk mata pelajaran IPA SD. APM ini lahir untuk memperkuat Pembelajaran “Penerapan Sifat Cahaya”. Alat ini dapat digunakan untuk mengintai atau melihat benda-benda di balik tembok, sebagai reflikasi sederhana periskop yang pernah dipakai di kapal selam. APM hasil karya Ibu Rahmawati dari SD Kartika Wirabuana 1dan Ibu St.Rasdiana Rajab dari SD Inpres Bertingkat Mamajang III dapat dilihat pada gambar yang diperlihtkan oleh Pak Supriadi salah seorang fasilitator roll-out IW secara mandiri.

Alat/bahan yang digunakan relatif murah dan mudah didapatkan,yaitu:kardus bekas,cermin datar 2 buah ukuran relatif kecil,lem/selotip,busur derajat, dan gunting serta kertas biasa HVS atau kertas koran maupun kertas pembungkus kado.
Cara Pembuatan:
  1. Sediakan dua macam cermin datar,kardus bekas, dan alat pendukung lainnya.
  2. Bagilah kardus menjadi empat bagian yang sama.
  3. Buatlah dua buah persegi kecil.
  4. Potonglah persegi panjang kecil membentuk sudut 45 derajat pada dua sisi yang lain.
  5. Lipatlah kardus membentuk tabung dan rekatkan dengan selotip.
  6. Selipkan cermin datar pada celah bersudut dan rekatkan dengan selotip. Salah satu cermin menghadap ke atas dan yang lainnya menghadap kebawah.
  7. Silahkan mencoba,berkreasi dan penuh inspirasi.


Ilustrasi dengan Gambar:


== Membuat kotak pesegi panjang, atas dan bawah dilubangi bertolak belakang==

 

Cermin datar dipasang dari pinggir, dan drekatkan dengan selotip:



Ilustrasi pemasangan bahan:


Keterangan : Mirror = cermin --> dipasang membentuk sudut 45o (lihat gambar d atas)
Kotak, selain dibuat, bisa juga dengan memanfaatkan bahan yang sudah jadi, misalnya kotak bekas kemasan makanan/minuman kotak. Misalnya:



Sekian cara dan alat kerja yang dibutuhkan untuk membuat periskop sederhana. Untuk lebih jelasnya, silakan coba di rumah. Semoga berhasil!!!

1 komentar: