Jumat, 18 November 2011

media komunikasi masa lalu


1.Media Komunikasi Masa Lalu [Kuno]

a.Kentongan [Kentungan]

   Kentongan dikenal sebagai salah satu sarana Komunikasi
           Tradisional. Kentongan sudah lama digunakan di Indonesia ,mulai
dari Demak, Mataram, Surakarta, Yogyakarta, serta daerah lainya
diIndonesia. Kentongan digunakan untuk memberi tahu sebagai alat
pertanda adanya suatu peristiwa.Misalnya, tanda kentongan yang menandakan akan adanya bahaya banjir berbeda dengan tanda Kentongan yang digunakan sebagai tanda adanya adanya Kemalingan, kenduri, adanya perayaan, atau akan ada lawan yang menyerang.
     Walaupun terjadi perkembangan teknologi yang cukup pesat, namun Kentongan merupakan sarana Komunikasi tradisional yang masih dapat bertahan sampai saat ini, khususnya di daerah perdesaan. Kentongan masih digunakan, misalnya di bidang Keamanan dipakai sebagai sarana ronda malam. Kentongan juga dipakai sebagai sebagai petunjuk waktu. Kentungan besar (bedug) digunakan sebagai tanda bahwa waktu salat telah tiba.

b.Asap

    Orang-orang zaman dahulu juga mamanfaatkan asap sebagai media Komunikasi. Asap dikenal sangat populer digunakan sebagai media Komunikasi suku bangsa Indian di Amerika. Alat Komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirim suatu pesan rahasia pada teman ataupun lawan.
      Seperti halnya Kentungan, berkomunikasi dengan menggunakan asap tidak memiliki kode yang standar (baku). Misalnya satu kepulan asap dapat pula berarti adanya bahaya. Tiga kepulan asap dapat berarti adanya masalah ataupun meminta bantuan.
      Sekarang ini asap juga sering digunakan dalam suatu permintaan bermain pesan dalam kegiatan pramuka.

c.Prasasti dan Daun Lontar

      Pada zaman yang lebih   maju, orang mulai menggunakan bahasa tulisan sebagai alat Komunikasi.kegiatan surat-menyurat di Indonesia telah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram. Walaupun pada masa itu kegiatan surat-menyurat antar kerajaan. Mereka menggunakan kulit bambu sebagai bahan untuk menulis.
     Akantetapi, yang lazim dipakai untuk menulis surat pada tempo dulu lebih dominan daun lontar.Namun ada juga yang menggunakan bambu, tulang binatang, labu hutan, rotan, dan lempengan batu (dikenal dengan nama prasasti). Oleh karena itu, ahli  sejarah sering menemukan peninggalan sejarah yang berupa prasasti dan catatan dalam daun lontar.
     Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya. Prasasti merupakan sumber sejarah terpenting untuk mengungkap pristiwa masa lalu. Hal ini disebabkan karena prasasti adalah dokumen tertulis yang orisinil dari peninggalan masa lalu tersebut. Berdasarkan Matrical Eulogitic Inscription, Mc. Dannel,Sanskrit Dictionary, Selain itu, prasasti juga berarti anugerah,karena prasasti dalam arti pujian itu didasarkan atas anugerah yang diberikan seorang raja kepada rakyatnya. Oleh karena itu, prasasti dalam arti anugerah itu, disebutkan berlakunya hak istimewa yang turun-menurun. Istilah untuk itu dalam negara Kertagama disebut purwasarirareng prasatyalama tan rinaksan iwo, yang berarti hak-hak istimewa yang sejak dahulu dilidungi oleh prasasti kuno.
     Selain prasasti, daun lontar juga digunakan sebagai alat komunikasi masa lalu. Lontar (dari bahasa Jawa: ron tal, “ daun pohon tal ”) adalah daun pohon siwalan (Latin palmyra atau sborassu flabellier) yang dikeringkan.
   
 2.Media Komunikasi Modern
        
                 Seiring dengan kemajuan teknologi, media Komunikasi juga mengalami perkembangan dengan cepat. Daptkah kamu menyebutkan apa sajakah yang termasuk sebagai media komunikasi modern? Berikut akan kita bahas beberapa media Komunikasi modern.
        
          a.Telepon
          
            Telepon merupakan alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik.Dengan menggunakanya kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan seseorang yang berjarak jauh. Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. alat ini merupakan sarana Komunikasi yang praktis, maka tidaklah mengherankan apabila telepon berkembang pesat.
                 Jika semula telepon hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telephone), maka sejak 3 april 1973 telah dikenal suatu teknologi yang dikenal dengan nama telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan sebutan hanphone (disingkat HP).
                 Teknologi dari alat Komunikasi ini semakin lama semakin maju. Ukuran dan bentuk HP pun semakin hari semakin kecil dan menarik. Fitur-fitur yang ditawarkan pun semakin beragam. Kini HP dilengkapi dengan kamera digital, radio FM, pemutar MP3, Video, dan berbagai game menarik. Jadi dunia HP adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagai, mencipta, dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik, dan video.
                 Telepon genggam, selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service;SMS). Telepon-telepon yang lebih mahal juga sering menambahkan fitur layanan seperti multimedia message service (MMS) dan internet (WAP,GPRS,3G). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) yang menmbahkan jasa videophone maupun televisi online di telepon genggam mereka.

            b.Koran (Surat Kabar)
 
            Koran atau surat kabar merupakan suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran,yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa kejadian politik, olah raga, tajuk rencana, dan cuaca. Surat kabar biasanya juga berisi kartun,teka-teki silang (TTS), dan hiburan lainnya.
                 
                   Koran pertama kali dikenal pada tahun 59 SM (Sebelum Masehi) di kekaisaran Romawi kuno. Saat itu koran hanya berisi jurnal kegiatan sang kaisar, yaitu Julius Caesar yang bertajuk “Acta Diurna”. Walaupun begitu, baru pada tahun 1605 surat kabar terbit pertama kali dalam bentuk tercetak oleh Johan Carolus dengan tajuk “Relation”. Koran tertu di dunia saat ini masih terbit adalah “Post-och Inrikes Tidningar” dari swedia yang terbit pertama kali pada tahun 1645.
                                   
        c.Televisi

             Televisi adalah media informasi yang sangat populer. Hampir seluruh rumah tangga di dunia ini mempunyai televisi. Televisi atau yang biasa kita sebut sebagai TV merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti tampak. Jadi, televi berarti melihat dari jarak jauh.
                   Televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam)kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkow pada tahun 1883. Seiring dengan perkembangan teknologi, televisi pun mengalami perkembangan yang sangat cepat. Jika dulu kita hanya bisa menikmati televisi hitam-putih, maka sekarang kita bisa menikmati televisi berwarna. Layar televisi pun telah mengalami perubahan dari televisi layar cembung ke televisi layar datar.
            
            d.Internet
            
             Internet merupakan salah satu produk teknologi komunikasi dan informasi yang paling maju saat ini. Internet berawal dari ciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Pada awalnya, jaringan komputerdimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Setelah itu, di tahun 1970 internet banyak digunakan di universitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini.
                  
                   Pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari inggris menciptakan World Wide Web, yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, dan musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar